Pada program dibawah ini penulis akan membahas tentang program sederhana pada Delphi. Semoga postingan ini bisa membantu para mahasiswa dalam mempelajari Delphi, dan bisa dikembangkan sehingga program akan menjadi semakin baik. Mari kita simak penjelasan-penjelasan dibawah ini.
LISTING PROGRAM
=========================================================
UNIT UNIT1;
INTERFACE
USES
WINDOWS, MESSAGES, SYSUTILS, VARIANTS, CLASSES, GRAPHICS, CONTROLS, FORMS,
DIALOGS, STDCTRLS;
TYPE
TFORM1 = CLASS(TFORM)
LABEL1: TLABEL;
LABEL2: TLABEL;
LABEL3: TLABEL;
EDIT1: TEDIT;
EDIT2: TEDIT;
EDIT3: TEDIT;
BUTTON1: TBUTTON;
BUTTON2: TBUTTON;
BUTTON3: TBUTTON;
BUTTON4: TBUTTON;
BUTTON5: TBUTTON;
PROCEDURE BUTTON1CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON2CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON3CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON4CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON5CLICK(SENDER: TOBJECT);
PRIVATE
{ PRIVATE DECLARATIONS }
PUBLIC
{ PUBLIC DECLARATIONS }
END;
VAR
FORM1: TFORM1;
IMPLEMENTATION
{$R *.DFM}
PROCEDURE TFORM1.BUTTON1CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
SHOWMESSAGE('NAMA:'+EDIT1.TEXT+#10#10+
'NPM:'+EDIT2.TEXT+#10#10+
'KELAS:'+EDIT3.TEXT);
END;
PROCEDURE TFORM1.BUTTON2CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
EDIT1.TEXT := '';
EDIT2.TEXT := '';
EDIT3.TEXT := '';
END;
PROCEDURE TFORM1.BUTTON3CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
CLOSE;
END;
PROCEDURE TFORM1.BUTTON4CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
FORM1.COLOR:=CLRED;
END;
PROCEDURE TFORM1.BUTTON5CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
FORM1.COLOR:=CLGREEN;
END;
=========================================================
LOGIKA PROGRAM
Pada program ini akan membahas tentang program sederhana pada Delphi. Pada awal membuat form Kita sudah disediakan kerangka untuk membuat sebuah program. Kerangka ini bisa dilihat dibawah
ini:
UNIT
INTERFACE
USES
TYPE
END;
VAR
IMPLEMENTATION
END.
UNIT UNIT1;
Maksudnya yaitu nama dari sebuah program yang akan kita buat. Pada contoh diatas program ini bernama Unit1. Namun nama program ini berextentation .pas sehingga setelah di save nama Unit1 akan berubah menjadi Unit1.pas
Dibawah ini adalah komponen-komponen pallete di form design untuk membangun sebuah program Delphi.
TYPE
TFORM1 = CLASS(TFORM)
LABEL1: TLABEL;
LABEL2: TLABEL;
LABEL3: TLABEL;
EDIT1: TEDIT;
EDIT2: TEDIT;
EDIT3: TEDIT;
BUTTON1: TBUTTON;
BUTTON2: TBUTTON;
BUTTON3: TBUTTON;
BUTTON4: TBUTTON;
BUTTON5: TBUTTON;
PROCEDURE BUTTON1CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON2CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON3CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON4CLICK(SENDER: TOBJECT);
PROCEDURE BUTTON5CLICK(SENDER: TOBJECT);
PRIVATE
{ PRIVATE DECLARATIONS }
PUBLIC
{ PUBLIC DECLARATIONS }
END;
Koding dibawah ini merupakan komponen-komponen yang tersedia oleh program Delphi yang bernama button. Button ini tersedia di form design, berfungsi agar bisa diklik oleh pengguna dan pada button ini yang akan diisi sebuah scrip supaya bisa berfungsi saat di klik seperti yang diharapkan.
PROCEDURE TFORM1.BUTTON3CLICK(SENDER: TOBJECT);
(begin … end;). Begin adalah perintah awal pada Delphi untuk dimasukan sebuah scrip yang diakhiri dengan end;
SHOWMESSAGE('NAMA:'+EDIT1.TEXT+#10#10+
'NPM:'+EDIT2.TEXT+#10#10+
'KELAS:'+EDIT3.TEXT);
Showmessage merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari sebuah input yang berupa text box. Pada contoh program diatas maka outputnya:
NAMA : ……
NPM : ……
KELAS : ……
Pada titik-titik diatas berarti text yang akan kita isi nanti, sebagai contoh program pada Delphi:
NAMA : HERI PURDIAWAN
NPM : 53411333
KELAS : 1IA06
Saat kita mengklik button yang telah diatur dengan menggunakan nama Ok, maka akan menampilkan tampilan diatas tadi.
PROCEDURE TFORM1.BUTTON2CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
EDIT1.TEXT := '';
EDIT2.TEXT := '';
EDIT3.TEXT := '';
END;
Pada scrip di atas itu berfungsi untuk membersihkan Nama, Npm, Kelas yang telah di ketikan sebelumnya sebagai contoh scrip:
NAMA : HERI PURDIAWAN
NPM : 53411333
KELAS : 1IA06
Namun, setelah kita klik button bersihkan maka Ketikan HERI PURDIAWAN, 53411333, 1IA06 akan dihilangkan dan menjadi seperti dibawah ini:
NAMA :
NPM :
KELAS :
PROCEDURE TFORM1.BUTTON3CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
CLOSE;
END;
Pada scrip diatas itu berfungsi untuk keluar dari program yang sudah jadi sehingga diberi nama button tersebut Keluar, sehingga setelah kita menglik akan menuju ke scrip-scrip yang telah dibuat.
PROCEDURE TFORM1.BUTTON4CLICK(SENDER: TOBJECT);
BEGIN
FORM1.COLOR:=CLRED;
END;
Pada scrip diatas itu berfungsi sebagai pemberi warna pada form, sehingga setelah kita klik button yang sudah diberi nama misalnya merah, kuning, hijau, hitam, dll, juga memberikan setiap button sesuai dengan scripnya masing-masing. Contoh scrip untuk warna merah FORM1.COLOR := CLRED;, untuk warna hijau FORM1.COLOR := CLGREEN;, dll. Tetapi untuk warna lainnya tinggal diganti dengan bahasa inggris dan didepan ditambah dengan kata CL, contoh CLRED, CLGREEN, dll.
OUTPUT PROGRAM
Ø ØDibawah ini adalah form yang pertama kali kita buat.
Ø ØSetelah itu setelah kita atur pada button yang diberi nama Ok, dengan scrip yang sudah dijelaskan di logika Pemrograman. Maka akan seperti gambar dibawah.
Ø ØGambar dibawah ini yaitu setelah button yang diberi nama keluar dengan scripnya yang sesuai maka, setelah program yang dibuat di Run atau dengan menekan tombol F9. Maka akan menuju scrip awal. Lihat gambar dibawah ini setelah diklik button keluar.
Ø ØKemudian pada button yang diberi nama merah dan hijau dengan scrip sesuai dengan warnanya masing-masing. Maka setelah diberi scripnya dibuat dan diklik maka akan muncul gambar dibawah ini.
Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini
Semoga Bermanfaat