Pada artikel ini akan membahas tentang purchase. Sebelum membuat program nya, ada baiknya saya menjelaskan
sedikit tentang purchase pada myob.
- Purchase adalah salah satu fitur myob yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian seperti menentukan quota pembelian, membuat pesanan pembelian dan mencatatat retur pembelian. Purchase memiliki fitur Quote, Order, Bill.
- Quote digunakan untuk mencatat transaksi bersifat
permohonan dan belum dicatat di dalam jurnal transaksi.
- Order digunakan untuk mencatat transaksi penjualan jasa dengan keterangan yang panjang dan belum dicatat dalam jurnal penjualan.
- Bill Digunakan untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit maupun tunai dan dicatat dalam jurnal transaksi.Cara membuat dan mengaplikasikan ke program myobPada tampilan pertama myob klik purchase sehingga tampil seperti dibawah iniPilih Purchase Register. Lalu pilih Quote. Lihat gambar
Pada tampilan Quote, pilih Layout dibagian bawah, lalu pilih item.
KASUS
PURCHASE
TANGGAL
|
TRANSAKSI
|
12/01/2010
|
Bagian
Gudang mengirim surat kepada bagian pembelian untuk ditunjukan
kepada JAVA INSTRUMENT untuk membeli ASUS P5B-VM, VGA AS-EN72
masing-masing 5 buah dengan harga Rp. 1.516.000, Rp 449.000 dan
MAXTOR 160 G, SIMBADA SPK-66 dan MOUSE masing-masing 8 unit dengan
harga Rp 551.000, Rp 375.000, dan Rp 30.000. barang akan diterima
tanggal 12/08/2010 nelalui FedEX dengan ongkos angkut Rp. 500.000.
|
12/03/2010
|
Surat
permohonan untuk JAVA INSTRUMENT telah disetujui dan diubah
menjadi pesanan dengan No. PO-1101, perusahaan membayar uang muka
sebesar Rp. 8.000.000
|
12/04/2010
|
Perusahaan
melakukan pembelian langsung kepada PERMATA SOLUTION berupa barang
SEAGATE 160 Gb dan COMBO S-52x masing-masing 5 unit dengan harga
Rp 537.000 dan Rp 240.000 dengan No faktur PS-3125 dan dibayar
saat itu juga
|
12/06/2010
|
Perusahaan
menerima tagihan dari DRACO INTERNATIONAL dengan No. Invoice
DI-5973 atas perawatan instalasi dan jaringan rutin dilakukan
setiap bulannya sebesar Rp. 250.000 yang dibayar setiap tanggal 18
setiap bulannya.
|
12/08/2010
|
Perusahaan
menerima barang dari JAVA INSTRUMENT atas PO-1101 dengan faktur
JI-0408 dan tidak ada perubahan kuantitas maupun harga
|
12/10/2010
|
Setelah
diadakan pengecekan secara mendetail terhadap barang yang diterima
dari tanggal 12/08/2010 ternyata ada 2 unit MAXTOR 160 Gb dan 1
unit SIMBADA SPK-66 yang rusak dan barang tersebut dikembalikan
kepada JAVA INSTRUMENT melalui DHL dengan No. Return PR-1015.
Ongkos kirim sebesar Rp. 80.000
|
12/18/2010
|
Perusahaan
membayar tagihan rutin no DI-5973 kepada DRACO INTERNATIONAL tas
perawatan instalasi jaringan no. bukti pembayaran PLD-4812
|
12/23/2010
|
Perusahaan
menerima laporan dari bagian gudang bahwa persediaan barang
aCBEL-P5/450 dan VGA GF-84 sehingga perusahaan melakukan pemesanan
@ 15 unit pada MEDIASOFT TEKNOLOGI dengan harga Rp. 417.000 dan
Rp. 584.000. barang akan diterima pada 12/26/2010 dengan No.
PO-1112
|
12/26/2010
|
MEDIASOFT
TEKNOLOGI hanya mampu mengirimkan barang yang dipesan atas PO-1112
masing-masing sebanyak 10 unit tanpa perubahan harga. Barang
dikirim dengan No. Faktur MT-7412 via DHL dan biaya angkut sebesar
Rp. 250.000.
|
12/28/2010
|
Perusahaan
melunasi hutangnya kepada JAVA INSTRUMENT atas transaksi no.
PO-1101.
|
Masukkan
kasus yang pertama yaitu bagian Gudang mengirim surat kepada bagian pembelian untuk ditunjukan kepada JAVA INSTRUMENT untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Sehingga pilihlah form Quote karena hanya sebuah surat permohonan saja dan belum disetujui oleh penyedia barang. Pada aplikasi Myobnya lihat gambar dibawah ini.
Untuk
kasus kedua, tetap di tampilan Quote dan pilih Charge To Bill karna
kita akan membayar uang muka. Pada Paid
Today
cantum kan uang muka sebesar Rp 8.000.000,- dan pada Supplier Invc
cantumkan PO-1101.
Kasus
ketiga,
karena
pembelian dilakukan secara langsung dan langsung dilunasi, maka akan
dikerjakan pada form Bill.
Layout tetap pilih yang item. Dan masukkan barang dan harga ke bill.
Untuk
kasus keempat, karena
surat tagihan jatuh sebelum tanggal pembayarannya maka tercatat
sebagai quote, dan dibayarkan secara tunai pada tanggal 18 kemudian
nantinya dicatat ke dalam bill.
Selanjutnya
kasus ke lima, Perusahaan
hanya menerima barang dan belum melunasi hutang pembelian karena kas
yang tersedia belum mencukupi untuk melunasi hutang pembelian
terhadap JAVA INSTRUMENT.
Kasus
keenam, yaitu mengembalikan barang jika ada yang rusak dan barang tersebut dikembalikan kepada JAVA INSTRUMENT melalui DHL dengan No. Return PR-1015. Ongkos kirim sebesar Rp. 80.000. Oleh karena itu pilih form Bill karena barang tersebut sudah diterima dan hanya ingin dikembalikan dan diganti.
Kasus
ketujuh, pencatatan bill, Karena perusahaan membayar tagihan rutin no DI-5973 kepada DRACO INTERNATIONAL tas perawatan instalasi jaringan no. bukti pembayaran PLD-4812.
Kasus
kedelapan pemesanan catat di Quote karena perusahaan menerima laporan dari bagian gudang bahwa persediaan barang aCBEL-P5/450 dan VGA GF-84 sehingga perusahaan melakukan pemesanan @ 15 unit pada MEDIASOFT TEKNOLOGI dengan harga Rp. 417.000 dan Rp. 584.000. barang akan diterima pada 12/26/2010 dengan No. PO-1112
Kasus
kesembilan, masuk ke pencatatan order karena MEDIASOFT TEKNOLOGI hanya mampu mengirimkan barang yang dipesan atas PO-1112 masing-masing sebanyak 10 unit tanpa perubahan harga. Barang dikirim dengan No. Faktur MT-7412 via DHL dan biaya angkut sebesar Rp. 250.000.
Kasus
terakhir, perusahaan melunasi hutang kepada JAVA INSTRUMENT
Semoga Bermanfaat