LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM
Mata Praktikum : ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Nama : HERI PURDIAWAN
NPM : 53411333
Kelas : 1IA06
Praktikum ke- : 8
Tanggal : 3 MEI 2012
Materi : Timer Pada
Visual Basic
Ketua Asisten : Andi Winarno
Paraf Asisten :
Nama Asisten :
Jumlah
Lembar : 11 Lembar
LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
LISTING PROGRAM
FORM 1
==============================================================
Private Sub Command1_Click()
If Command1.Caption = "STOP" Then
Timer1.Enabled = False
If (O1.Value = True) And (Label1.BackColor = vbRed) Then
MsgBox "Warna Merah, Anda Benar", , "Selamat"
ElseIf (O2.Value = True) And (Label2.BackColor = vbGreen) Then
MsgBox "Warna Hijau, Anda Benar", , "Selamat"
ElseIf (O3.Value = True) And (Label3.BackColor = vbYellow) Then
MsgBox "Warna Kuning, Anda Benar", , "Selamat"
Else
MsgBox "Anda Salah", , "Gagal"
Command1.Caption = "START"
End If
Timer1.Enabled = True
Command1.Caption = "START"
Else
Timer1.Enabled = True
Command1.Caption = "STOP"
End If
End Sub
Private Sub Command2_Click()
End
End Sub
Private Sub Timer1_Timer()
If Label1.BackColor = vbRed Then
Label1.BackColor = &H8000000F
Label2.BackColor = vbGreen
Label3.BackColor = &H8000000F
ElseIf Label2.BackColor = vbGreen Then
Label2.BackColor = &H8000000F
Label1.BackColor = &H8000000F
Label3.BackColor = vbYellow
Else
Label1.BackColor = vbRed
Label2.BackColor = &H8000000F
Label3.BackColor = &H8000000F
End If
End Sub
Private Sub Timer2_Timer()
Label4.BackColor = QBColor((Rnd) * 15)
End Sub
Private Sub Timer3_Timer()
Label5.BackColor = QBColor((Rnd) * 15)
End Sub
==============================================================
LOGIKA PROGRAM
Pada
kali ini akan dijelaskan cara membuat GAME pada visual basic. Untuk lebih
jelasnya simak penjelasan-penjelasan dibawah ini:
==============================================================Private
Sub Command1_Click()
If Command1.Caption = "STOP" Then
Timer1.Enabled = False
If (O1.Value = True) And (Label1.BackColor = vbRed) Then
MsgBox "Warna Merah, Anda Benar", , "Selamat"
ElseIf (O2.Value = True) And (Label2.BackColor = vbGreen) Then
MsgBox "Warna Hijau, Anda Benar", , "Selamat"
ElseIf (O3.Value = True) And (Label3.BackColor = vbYellow) Then
MsgBox "Warna Kuning, Anda Benar", , "Selamat"
Else
MsgBox "Anda Salah", , "Gagal"
Command1.Caption = "START"
End If
Timer1.Enabled = True
Command1.Caption = "START"
Else
Timer1.Enabled = True
Command1.Caption = "STOP"
End If
End Sub
==============================================================
Maksud dari potongan codingan
diatas yaitu jika tombol start dijalankan maka akan mengacak warna disetiap shape
yang berbentuk persegi yang telah diberi warna sebelumnya.
Gambar sebelumnya adalah contoh shape
yang telah diberikan warna yaitu merah, hijau, dan kuning. Disini fungsi shape
pada game ini yaitu sebagai penanda warna yang ingin dihentikan, jika yang di
klik yang warna merah atu yang ada lingkaran kecil didepan, maka jika game itu
dirun maka harus warna merah yang berhenti. Jika warna shape yang di pilih
yaitu warna hijau maka warna hijaulah yang harus diberhentikan. Begitu juga
dengan warna kuning.
==============================================================Private
Sub Timer1_Timer()
If Label1.BackColor = vbRed Then
Label1.BackColor = &H8000000F
Label2.BackColor = vbGreen
Label3.BackColor = &H8000000F
ElseIf Label2.BackColor = vbGreen Then
Label2.BackColor = &H8000000F
Label1.BackColor = &H8000000F
Label3.BackColor = vbYellow
Else
Label1.BackColor = vbRed
Label2.BackColor = &H8000000F
Label3.BackColor = &H8000000F
End If
End Sub
Private Sub Timer2_Timer()
Label4.BackColor = QBColor((Rnd) * 15)
End Sub
==============================================================
Diatas ini adalah label dimana
fungsi label ini yaitu sebagai acakan warna yang harus disesuaikan dengan warna
shape yang telah ditentukan warnanya sebelumnya, atau baca lagi penjelasan
diatas. Pada label diatas itu berwarna putih dimana warna putih akan berwarna
sesuai shape yang diletakan diatasnya, atau lihat gambar dibawah ini:
Diatas ini adalah label yang
berwarna merah dengan menggunakan fungsi timer.
Diatas ini adalah label yang
berwarna hijau dengan menggunakan fungsi timer.
Diatas ini adalah label yang
berwarna kuning dengan menggunakan fungsi timer.
Sehingga akan dari label yang
berwarna merah, hijau kuning diatas akan selalu bergantian warnanya yang
sebelumnya label tersebut berwarna putih. Dari warna merah, hijau , kuning dan
begitu seterusnya setelah di klik start maka setelah diklik stop warna dari
label akan berhenti. Jika warna label dan shape sesuai maka akan memunculkan
message box bertuliskan “ Anda benar”
dan jika label dan shape tidak sesuai maka akan memunculkan teks “ Anda
salah” atau lihat gambar dibawah ini:
==============================================================Private
Sub Command2_Click()
End
End Sub
==============================================================
Maksud dari potongan script coding
diatas yaitu untuk menutup aplikasi yang dijalankan tanpa harus menghentikan
dengan mengetik ikon stop.
OUTPUT PROGRAM
Ø Diatas
ini adalah program Game yang belum di run atau diklik tombol F9.
Ø Gambar
diatas ini yaitu jika program game dijalankan atau dirun, dan setelah mengklik
start dan kemudian diklik tombol stop, dan warna shape dan label yang tidak
sesuai.
Ø Gambar
diatas ini yaitu jika program game dijalankan atau dirun, dan setelah mengklik
start dan kemudian diklik tombol stop, dan warna shape dan label sesuai.