WELCOME TO

Artikel
Home » » Penjelasan Tentang Game

Penjelasan Tentang Game

Written By Unknown on Saturday, March 15, 2014 | 11:13:00 AM

A. Definisi Game


Game, mendengar istilah game pasti tidak asing lagi bagi kita, baik itu anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua pasti pernah bermain game, baik bermain game di handphone, PC, Playstation, Tablet, Xbox, dll. disini saya akan menjelaskan tentang game. Game berasal dari bahasa inggris yang artinya permainan.


Pengertian Game menurut para ahli:
  • Menurut Kimpraswil (dalam As’adi Muhammad, 2009: 26) mengatakan bahwa definisi permainan adalah usaha olah diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.

  • Joan Freeman dan Utami munandar (dalam Andang Ismail, 2009: 27) mendefinisikan prmainan sebagai suatu aktifitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional.

Menurut pendapat saya, permainan adalah suatu sarana dengan menggunakan sebuah aplikasi untuk belajar kearah yang positif maupun negatif sehingga dapat menentukan perkembangan baik secara moral maupun intelektual. 


B. Klasifikasi Game
  1. Berdasarkan Jenis Platfrom 
• Arcade games
Arcade games atau kalo di Indonesia sih sering di sebut dengan ding-dong, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

• PC Games
PC games adalah video games yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

• Console games
Console games adalah video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

• Handheld games
Handheld games adalah video games yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana atau disebut juga dengan portable console, contohnya seperti Nintendo DS dan Sony PSP.

• Mobile games
Mobile games adalah video games yang dapat dimainkan atau khusus dimainkan untuk mobile phone atau PDA.


     2. Berdasarkan Genre Permainannya

• FPS (First Person Shooter)
Jenis permainan tembak-menembak dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, tiap tokoh karakter mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam tingkat akurasi menembak, reflek menembak,dll. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang. Permainan ini bisa berupa misi melumpuhkan penjahat maupun alien, kadang juga sejumlah pemain dibagi beberapa tim yang bertugas melumpuhkan tim lainnya, sebelum dilumpuhkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.

Ex : Duke Nukem 3D, Quake, Blood, Unreal, Unreal Tournament, seri Half-Life, Counter-Strike, seri Halo, Perfect Dark, TimeSplitters, Call of Duty, System Shock, dan GoldenEye 007.
• Racing
Adalah salah satu jenis permainan yang bernuansakan balap kendaraan. Disini kita bisa mengontrol sendiri kendaraan yang kita miliki maupun kita bisa menongtrolnya bersama-sama dengan partner kita.

Ex : CTR (Crash Team Racing), Need For Speed.

• Sport
Game bergenre ini bertemakan olahraga seperti pada umumnya, Kita dapat mengontrol manusia yang diibaratkan kita sendiri di dalam game tersebut. Yang membedakan adalah kita disini tidak benar-benar berolahraga, melainkan tokoh yang kita mainkanlah yang melakukan kegiatan tersebut.

Ex : PES 2010, Winning Eleven



C. Software Pembuat Game

Software terbaik untuk membuat game 3D dengan cepat, murah, mudah, dll. adalah software bernama 3D Rad. Software ini digarap oleh Fernando Zanini, dan yang lebih menarik software pembuat game ini GRATIS dan bersifat open source, jadi siapa saja boleh mengembangkannya. 

Dengan software pembuat game ini, pasti bisa membuat game yang keren dengan tampilan 3 dimensi bahkan 2 dimensipun bisa. Jika mahir dalam penggunaan software ini tidak akan mustahil jika anda bisa membuat game yang terkenal seperti Counter Strike, Asphalt, DreadOut, PES, dll.Keunggulan software ini dibandingkan dengan software lainnya yatitu:

  • 3D Rad memungkinkan kita membuat game APAPUN tanpa ada batasan, hal ini dikarenakan selain sudah ada model - model game dan algoritma yang tersedia, kita bisa berkreasi lebih jauh lagi dengan bahasa pemrograman C++.
  • 3D Rad sudah disertai file project sebagai contoh, Secara penggunaan memory, software ini sangat friendly. Berat atau tidaknya game, tergantung rumit atau tidaknya game yang kita buat nanti.
  • Ukuran installernya tidak terlalu besar
  • Ada dibawah naungan microsoft, jadi kompatibel dengan banyak platform
  • Open source

Istilah - istilah dalam 3D Rad :

  • Addon            : project yang disimpan untuk dimasukkan ke dalam project lainnya
  • Skinmesh      : citra 3 dimensi yang bisa ditembus (bukan benda padat)
  • RiggidBody   : citra 3 dimensi yang tidak bisa ditembus (benda padat)
  • CarAI              : Car Artificial Intelegence / Kecerdasan Buatan untuk mobil - mobil yang                               sudah disediakan

Software penunjang 3D Rad : 
Google Sketchup , Lightwave3D / 3DsMAX / blender , bvhacker dan fragmotion, paint /photoshop.



D. Perkembangan Game online

Game online adalah game yang dimainkan dengan terhubung oleh internet. Game online dapat dimainkan bersama orang-orang baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

Disampaikan oleh Eva Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech, pertumbuhan bisnis industri game online di Indonesia hingga saat ini masih sangat menguntungkan. 

“Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tingkat pertumbuhan bisnis game online pada 2013 mencapai 35 persen. Ini menunjukkan bisnis game online sangat menggiurkan,” ujar Eva yang tertera dalam pemberitaan Republika tanggal 29/1/2014.
Dengan membaca informasi diatas dari Eva Mulawati, sebagai Managing Director PT. Magaxus Infotech maka peluang game online di Indonesia sangat terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin memasuki bisnis di dunia game online.


E. Game Favorit


DreadOut adalah sebuah permainan horor Indonesia yang dikembangkan oleh Digital Happiness untuk Windows, Mac OS X dan Linux. Game ini adalah salah satu game buatan anak bangsa dan game ini tidak kalah dengan game buatan luar negeri.
DreadOut adalah permainan bergenre horor dengan setingan tempat di Indonesia. Pada permainan ini karakter utama yaitu seorang perempuan cantik yang bernama Linda, berpakaian seragam sekolah SMA, dan memiliki senjata andalah yaitu sebuah kamera video dan smartphone, senjata itu dapat digunakan untuk berinteraksi dan membinasakan makhluk halus di Indonesia seperti pocong, kuntilanak, tuyul, dll. Misi Linda yaitu untuk memecahkan teka-teki di suatu kota yang tidak berpenghuni. 

Alur cerita
Ketika sekelompok murid SMA tersesat dari perjalanan liburan mereka, mereka menemukan sebuah kota tua yang telah ditinggalkan. Mereka segera menyadari sesuatu yang jahat akan terjadi. Linda, protagonis permainan ini, menyadari sesuatu yang aneh dan mistis terjadi pada dirinya. Dia memperoleh kekuatan supernatural yang bisa menyelamatkan dia dan teman-temannya dari ancaman supernatural asing.


Referensi:
Wikipedia.org
http://www.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/14/01/29/n04zwq-pemasukan-bisnis-game-online-di-indonesia-tembus-rp-22-triliun
http://asemanisblog.blogspot.com/2012/08/membuat-game-3d-3-dimensi-komputer.html


http://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/02/25/klasifikasi-game/
Share this article :

Creatif By : Unknown

Terimah Kasih telah membaca artikel Penjelasan Tentang Game Yang ditulis oleh Unknown Pada hari Saturday, March 15, 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

HOME

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : HR Pengetahuan
Copyright © 2013. Pengetahuan - All Rights Reserved
Blog by Heri Purdiawan
Powered by Blogger