WELCOME TO

Artikel
Home » » Aspek Pemasaran

Aspek Pemasaran

Written By Unknown on Saturday, October 18, 2014 | 7:48:00 AM


Definisi Pemasaran

Menurut AMA (American Marketing Association)
 Pemasaran adalah proses perencanaan dan penerapan konsepsipenetapan harga dan distribusi barangjasa dan ide untuk mewujudkan pertukaran yang memenuhi tujuan individu atau organisasi. 


Strategi Pemasaran  
Strategi pemasaran ialah suatu rencana yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan. 


Langkah langkah : 
a) Menentukan pasar sasaran 
b) Menciptakan bauran pemasaran
c) Perencanaan pasar yang strategis  

Perencanaan Pemasaran
Rencana pemasaran adalah proses penentuan pendekatan komperhensif yang jelas kepada keinginan konsumenUnsur yang diperhatikan : 
a. Riset Pemasaran 
b. Riset Penjualan
c. Sistem Informasi Pemasaran
d. Peramalan Penjualan 
e. Rencana Pemasaran 
f.  Evaluasi 

Kunci sukses pemasaran adalah selalu mendapatkan tempat yang cocok yang mewakili hasrat konsumen yang tidak terpenuh dan memanfaatkan peluang itu secara agresifKeberhasilan usaha pemasaran suatu perusahaan tergantung pada kemampuan manajemen untuk merencanakan secara strategis program pemasaran dalam kerangka lingkungan perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. 

Analisis Situasi Pasar 
Perusahaan menganalisis pasar dengan cara mengikuti berbagai event dan pameran komputerkarena dengan cara itu perusahaan dapat menganalisis pasar dan memahami apa yang sedang pasar inginkandengan menyiapkan strategi pemasaran mulai dari produk, price, promotion dan place. Sasaran dari perusahaan ini meliputi sektor korporat, personal dan praktisi IT. 

Analisis pesaing 
Untuk menyiapkan strategi pemasaran yang efektifperusahaan harus memperhatikan pesaing selain juga pelanggan aktual dan potensinyaIni terutama penting di pasar yang pertumbuhannya lamban karena penjualan hanya dapat ditingkatkan dengan merebutnya dari pesaing 

  • Harga yang kompetitif dengan memberikan potongan harga 15% bagi setiap pemesanan 2 jasa. 
  • Untuk pembangunan jaringan dalam berskala besar mendapatkan garansi 2 tahun 
  • Jaminan jasa yang berkualitas serta layanan purna jual yang cepatsigap dan tepat waktu. 

Kualitas bersaing dalam harga : 
 Memberikan harga yang kompetitif dan potongan harga 15% setiap pemesanan 2 jasa 
 Memberikan garansi disetiap produknya. 
 Melakukan pengujian kembali jasa yang telah dipesan agar client tidak pindah ke perusahaan yang lain. 

 Perancangan Strategi Pemasaran 
Merupakan suatu rencana keseluruhan dengan apa sesuatu organisasi bertujuan mencapai tujuannya dalam bidang pemasaranStrategi pemasaran dilakukan untuk membuat 3 macam keputusanyaitu : 



Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa  

  1. Konsumen manakah yang akan dituju ? 
  2. Kepuasan seperti apakah yang diinginkan oleh konsumen tersebut ? 
  3. Marketingmix seperti apakah yang dipakai untuk memberikan kepuasan kepada konsumen tersebut ? 
Ketiga elemen ini sangat menentukan arah dari strategi pemasaran perusahaan. Strategi tersebut merupakan rencana jangka panjang yang digunakan sebagai pedoman bagi kegiatan pemasaran 

 Strategi promosi 
pada pemasaran modern, pemasaran bukanlah hanya pengembangan produkpenawaran harga yang menarikdan membuatnya mudah didapat oleh konsumen. Perusahaan juga harus dapat melakukan komunikasi dengan konsumen yang adakonsumen potensial dan pihak pihak lain yang berkepentingan dengan  perusahaan  serta  masyarakat  agar  mereka  mengetahui dan  menyukai  produkproduk perusahaanOleh karena  itu promosi atau kounikasi  pasar  merupakan bauran yang penting dalam marketing. Strategi promosi yang dapat dilakukan diantaranya: 
  • Cara penjualan yang dilakukan melalui advertising, sales promotion, personal selling dan publicity. Sebelum karyawan terjun langsung kepasarankaryawan akana mengikuti training mengenai cara berkomunikasi kepada pelangganberinteraksi kepada pelanggan dan menguasai seluk beluk dari jasa yang akan ditawarkanBila karyawan berhasil mendapat sebuah proyekmaka perusahaan akan memberikan kompensasi/bonus kepada karyawan tersebut. 
  • Untuk bisa kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal pemasaran maupun pengembangan produkperusahan ini melakukan bagi hasil yang kompetitif dengan partner agar kerjasama dengan perusahaan ini berhasil dan mendapat keuntungan yang besar. 

 Strategi Bisnis dan Implementasi
Strategi yang dapat diterapkan diperusahaan yaitu : 
  • Dalam perusahaan menyediakan produk yang berbeda dari perusahaan IT yang lain,dengan spesifikasi mengikuti perkembangan trend,serta harga yang terjangkau untuk konsumen. 
  • Cara bersaing dengan perusahaan IT lainnya dengan meningkatkan promosi serta pelayanan yang berbeda yang tidak ada di perusahaan IT yang lain. 
  • Media promosi berbasis TI 

  Referensi :
 http://aldoedisonblogspot. com/2010/11/pembuatan-media-promosi-berbasis-tik. html 
 http://dirgantraviata. blogspot.com/2013/11/pengantar-bisnis-informatika-aspek.html
 http://staffui. ac. id/internal/131803987/material/8-SISTEMPEMASARAN. pdf 

Share this article :

Creatif By : Unknown

Terimah Kasih telah membaca artikel Aspek Pemasaran Yang ditulis oleh Unknown Pada hari Saturday, October 18, 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

HOME

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : HR Pengetahuan
Copyright © 2013. Pengetahuan - All Rights Reserved
Blog by Heri Purdiawan
Powered by Blogger