WELCOME TO

Artikel
Home » » Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan

Written By Unknown on Friday, March 1, 2013 | 10:20:00 PM

Manusia tidak terlepas dari kebudayaan, karena setiap manusia berkata, menulis, berbicara, bertingkah laku, membuat karya, berpakaian,  dll. itu adalah wujud- wujud dari kebudayaan. Dan kebudayaan itu berlangsung di setiap masyarakat sendiri-sendiri, sehingga kebudayaan masyarakat satu dengan yang lainnya berbeda. Kebudayaan itu diturunkan secara turun-menurun oleh nenek moyang, sehingga untuk generasi selanjutnya harus melestarikan agar terjaga kebudayaan-kebudayaan itu maupun dikembangkan secara luas.


Untuk memahami manusia dan kebudayaan, simak selanjutnya dibawah ini:


A. Manusia dan Hakekat Manusia
Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah Swt. yang paling tinggi derajatnya diantara makhluk ciptaan Allah lainnya. Manusia juga memiliki akal dan perasaan, dimana akal itu digunakan untuk berpikir dalam mengatasi suatu masalah yang dihadapi atau mencari jalan keluarnya dan perasaan itu digunakan untuk mencintai dan menyayangi makhluk ciptaan Allah Swt. lainnya.


Menurut Kodrat manusia, manusia adalah makhluk individu dan juga makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk individu karena manusia memiliki unsur jasmani dan rohani, sedangkan manusia sebagai makhluk sosial karena manusia tidak bisa hidup sendiri, ia membutuhkan manusia lain untuk berinteraksi dan menjalankan aktivitas kehidupannya.


B. Kepribadian Bangsa Timur
Kepribadian bangsa timur berbeda sekali dengan bangsa barat, dimana bangsa timur sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sosial seperti: saling tolong-menolong, saling menghormati antar agama, ramah, sopan dalam tingkah laku maupun sopan dalam berpakaian, dll. Mungkin karena sebagian besar bangsa timur beragama Islam.


C. Unsur, Wujud, dan Orientasi kebudayaan
Unsur kebudayaan yaitu segala sesuatu yang menjadikan budaya itu tetap hidup di dalam masyarakat
Unsur-unsur kebudayaan yaitu:
     1. Bahasa
     2. Kepercayaan
     3. Sosial
     4. Tindakan
     5. Kesenian, dll


Wujud kebudayaan dapat berupa wujud ideal, wujud karya dan wujut tindakan.


Wujud ideal merupakan wujud dari kebudayaan yaitu mulai dari ide-ide, nilai-nilai, gagasan, pandangan hidup, dll. yang tidak dapat diraba oleh manusia, dan terletak di dalam pikiran masyarakat.


Wujud karya merupakan wujud mulai dari segala sesuatu yang berupa benda-benda yang dibuat atau diciptakan oleh manusia dan wujud dari itu adalah fisik atau yang dapat dilihat, diraba oleh manusia.


Wujud tindakan terbentuk karena manusia merupakan makhluk sosial sehingga dalam menjalin
hubungan dengan manusia lain, dibutuhkan interaksi satu sama lain. Sifat dari tindakan ini yaitu konkret, yang biasa terjadi didalam kehidupann sehari-hari.


Orientasi kebudayaan yaitu agar budaya-budaya masyarakat tetap ada dan tidak hilang oleh kemajuan zaman sehingga generasi-generasi muda dapat menikmati kebudayaan-kebudayaan itu. Oleh karena itu, kebudayaan wajib dijaga oleh generasi-generasi selanjutnya.


D. Perubahan Budaya dan Kaitan manusia dengan Budaya

     Perubahan budaya adalah segala sesuatu adat-istiadat yang berubah dalam kemajuan zaman. Perubahan budaya ini terjadi karena manusia memiliki rasa bosan atau jenuh, sehingga manusia akan merubah kebudayaan itu dengan budaya baru maupun manusia akan menggantikan budaya dengan budaya yang ada dimasyarakat lain, karena disetiap wilayah budaya itu berbeda.




Semoga Artikel Ini Bermanfaat
Terimakasih
Share this article :

Creatif By : Unknown

Terimah Kasih telah membaca artikel Manusia dan Kebudayaan Yang ditulis oleh Unknown Pada hari Friday, March 1, 2013. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

HOME

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : HR Pengetahuan
Copyright © 2013. Pengetahuan - All Rights Reserved
Blog by Heri Purdiawan
Powered by Blogger